Papeda hingga Ayam Woku, Ini Kuliner Khas Indonesia Timur Wajib Coba

Salah satu kekayaan Indonesia yang patut dibanggakan adalah keanekaragaman makanannya. Dari Sabang hingga Merauke, kita dianugerahi beragam jenis makanan lezat kaya rempah. Tak hanya rendang dari Indonesia bagian barat, tapi juga ada banyak makanan khas Indonesia Timur yang tak kalah menariknya. Sebut saja papeda, se’i, rica-rica, brenebon, hingga ayam woku.

Dalam rangka merayakan Sumpah Pemuda, kali ini kita mengajak kamu menjelajahi aneka kuliner khas Indonesia Timur. Makanan khas Indonesia Timur memang tak sepopuler daerah Jawa dan Sumatera yang berada di Indonesia bagian Barat. Namun, rasanya tak kalah kuat dan unik, lho. Yuk, kita simak satu persatu!

1. Papeda

Papua merupakan makanan pokok di daerah Papua, Maluku, dan populer di beberapa kawasan di Sulawesi. Makanan yang juga disebut “dao” di Papua ini berbentuk seperti lem bening yang berasal dari sagu. Teksturnya kenyal seperti jelly dan rasanya tawar. Supaya lezat, umumnya papeda selalu disajikan dengan ikan berbumbu kuah kuning.

Sebagai makanan pokok, bubur sagu papeda karena mengandung karbohidrat dan memberikan energi lebih seperti nasi. Selain di Papua, kini papeda juga dikreasikan jadi jajanan yakni telur gulung papeda. Sudah pernah mencobanya?

2. Ayam Woku

Beralih ke Sulawesi Utara dan Gorontalo, kita juga punya Ayam Woku. Sajian ayam bumbu kuning ini begitu kaya rempah. Wangi aromatik dan pekat didapatkan dari percampuran daun pandan, daun kunyit, daun jeruk, dan daun kemangi.

Biasanya, ayam woku banyak disajikan di rumah makan khas Manado. Ayam yang digunakan adalah ayam negeri, potongannya besar, dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Kamu juga bisa, lho, mencoba membuat olahan ayam bumbu kuning spesial ini sendiri di rumah. Lihat resep ayam woku ini.

3. Ayam Taliwang

ayam taliwang utuh siap santap di atas piring kayu
Ayam taliwang, hidangan khas Lombok yang populer kelezatannya. (Foto: Shutterstock)

Sajian ayam yang satu ini mungkin sudah tak asing di telinga. Ayam taliwang yang populer di Lombok dan Sumbawa ini terkenal karena rasa pedasnya yang menggigit dan sensasi smokey-nya yang bikin mantap. Sajian ayam taliwang biasanya menggunakan ayam kampung utuh yang gurih, sehingga tidak disajikan dalam potongan kecil.

Meski rasanya pekat, bumbu yang digunakan untuk mengolah ayam bakar ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Rempah utamanya adalah bawang merah, bawang putih, kemiri, dan santan. Kamu bisa melihat cara membuat ayam taliwang ini. Sajikan ayam taliwang dengan nasi hangat dan plecing kangkung.

4. Ayam Tuturuga

Selain ayam woku, ayam tuturuga juga jadi salah satu hidangan khas Manado yang populer. Perpaduan rasa gurih, sedikit asam, dan pedas membuat sajian ini punya banyak penggemar. Sekilas, penampakannya seperti opor ayam karena berwarna kuning. Namun, rempah pada hidangan ini lebih kompleks.

Jika ingin mencoba membuatnya, kamu bisa mengikuti resep ayam tuturuga di MAHI. Kamu hanya butuh waktu 1 jam lebih untuk mengolahnya. Yuk, kita coba!

5. Ikan Bakar Manokwari

Sesuai namanya, hidangan ikan bakar spesial ini berasal dari Manokwari, Papua. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tongkol. Namun, kamu boleh, kok, mengganti jenis ikannya dengan ikan favorit kamu.

Ciri khas sajian ini adalah bumbu pedas yang ditaburkan di atas ikan bakar. Bumbu tersebut merupakan sambal yang ditumbuk kasar dan masih segar. Bahan yang digunakan tidaklah banyak, tapi kesegaran sambal dan ikan yang menjadikannya istimewa.

6. Sambal Colo Colo

Gurame bakar disajikan dengan sambal colo-colo.
Nikmati gurame bakar dengan sambal colo-colo ini bersama keluarga! (Foto: MAHI)

Beralih ke Maluku Utara, ada sambal colo-colo yang populer karena rasa pedas-segarnya. Sambal ini terdiri dari cabe rawit, bawang merah, tomat hijau, dan perasan jeruk nipis. Kita juga bisa menambahkan daun kemangi, kenari mentah, atau sedikit kecap. Rasanya segar dan aromatik.

Sambal colo-colo biasanya tidak diulek, melainkan diiris seperti sambal dabu-dabu dan sambal matah. Sambal ini cocok dijadikan pendamping ikan bakar dan nasi hangat. Lihat resep gurame sambal colo-colo ini ya untuk hidangan spesial di rumah.

Nah, dari pilihan hidangan khas Indonesia Timur di atas, apa lagi yang jadi favoritmu? Intip resep berbagai kuliner khas Indonesia hanya di Masak Apa Hari Ini.




Source link

Download Our App

app-store-badge
play-store-badge
Order Online Now

Browse Our Menu

Our Most Popular Dishes