12 Contoh Teks Persuasif Berbagai Tema dgn Pengertian Fungsi & Cirinya

Contoh Teks Persuasif – Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai teks, bacaan atau kalimat persuasif, ketika dulu di sekolah. Ya, biasanya pelajaran mengenai teks persuasif akan disampaikan atau diterangkan pada pelajaran bahasa Indonesia.

Tapi apakah sekarang ini Anda masih ingat mengenai teks persuasif? Atau bahkan Anda sebenarnya dulu sama sekali tidak paham mengenai teks persuasif? Nah, pada ulasan kali ini akan membahas mengenai teks persuasif beserta contoh teks persuasif.

Dengan demikian maka nantinya Anda akan kembali paham mengenai apa itu teks persuasif. Mari langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Teks persuasif

Tentunya Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu teks persuasif. Persuasif memiliki arti atau makna membujuk, mengajak atau menyuruh. Jadi bisa dibilang teks persuasif adalah teks yang berisi mengenai ajakan atau bahkan perintah kepada seseorang atau pembaca untuk melakukan segala hal yang dituliskan dalam teks persuasif tersebut. misal saja, ada teks persuasif mengenai ajakan untuk hidup sehat, berarti teks tersebut akan berisis mengenai kalimat yang seolah-olah mengajak Anda untuk hidup sehat.

Tentunya untuk dapat mengajak seseorang melakukan hal yang diinginkan, maka dalam teks persuasif perlu sekali kalimat yang memang dapat mempengaruhi pembaca. Maka dari itu, tak jarang Anda akan menemukan berupa data-data pendukung yang digunakan untuk mendukung teks persuasif yang Anda baca. Dengan adanya data-data pendukung tersebut, maka Anda sebagai pembaca dari teks persuasif tersebut akan tak ragu untuk melakukan apa yang ditulis oleh sang penulis teks persuasif tersebut.

Fungsi Teks Persuasif

Jika kita amati dengan teliti, sebanarnya ada banyak sekali teks persuasif yang dengan mudah kita temukan di kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja fungsi dari teks persuasif? Nah, berikut adalah beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui mengenai teks persuasive.

  • Sebagai Perintah, Bujukan atau Ajakan. Seperti yang sudah dijelakan sebelumnya, bahwa teks persuasif adalah sebuah teks yang memang sengaja ditulis untuk membujuk atau untuk menyuruh para pembacanya. Oleh sebabnya teks persuasif juga merupakan teks perintah untuk para pembacanya yang disampaikan secara langsung.
  • Untuk meyakinkan. Kalimat atau teks persuasif biasanya juga berisi mengenai data-data akurat sebagai pendukung dari teks persuasif tersebut. Nah, data inilah yang nantinya akan meyakinkan Anda atau membuat Anda tak ragu lagi untuk melakukan perintah yang dituliskan di teks persuasif tersebut.
  • Untuk Promosi. Teks persuasif sebenarnya sering sekali Anda temukan dalam promosi atau iklan suatu produk. Ya, dengan teks persuasif lah yang akan mempengaruhi para konsumen untuk membeli suatu produk.

Itulah beberapa fungsi dari teks persuasif. Untuk Anda yang akan menulis teks persuasif, maka Anda harus bisa memasukan fungsi tersebut di dalam teks persuasif yang Anda buat. Untuk itu, berikut adalah beberapa ciri-ciri dan kaidah menulis dari teks persuasif.

Ciri-Ciri Teks Persuasif

Dengan mengerti ciri-ciri dan kaidah menulis dari teks persuasif, maka Anda tentunya akan dapat membuat teks persuasif dengan benar. Nah, langsung saja berikut adalah beberapa ciri-ciri dan kaidah menulis dari teks persuasive.

  • Berupa Kalimat Ajakan. Ya, karena teks persuasif adalah sebuah teks yang digunakan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan hal yang dituliskan, maka teks persuasif harus berupa kalimat ajakan. Maka dari itu, Anda harus pintar-pintar memilih kata dalam membuat teks persuasif. Pilihlah kata-kata yang tepat agar nantinya pembaca mau melakukan perintah atau ajakan yang dituliskan dalam teks persuasif.
  • Memiliki Kata-Kata yang Meyakinkan. Selanjutnya, Anda juga harus dapat meyakinkan pembaca. Untuk meyakinkan para pembaca, maka Anda harus dapat memberikan data-data pendukung yang akurat.
  • Biasanya Menggunakan Tanda Baca Seru. Sebagai teks yang berisikan kalimat perintah, maka sudah semestinya jika kalimat perintah ditandai dengan tanda baca seru (!).
  • Menggunakan Bahasa yang Menarik. Nah, lagi-lagi pemilihan kata menjadi faktor utama agar pembaca mau melakukan perintah atau ajakan yang ada pada teks persuasif. Untuk itu, jika Anda akan menulis teks persuasif maka Anda harus memilih kata yang tepat, agar nantinya teks persuasif yang Anda buat memiliki bahasa yang menarik, serta tentunya mudah diingat.

  1. Harus menggunakan kata-kata bujukan, seperti Penting, harus, sudah semestinya, sepantasnya, dan kata-kata bujukan lainya.
  2. Menggunakan kata-kata kerja yang bersifat imperatif, seperti jadikanlah, waspadalah, hendaknya, dan kata kerja imperatif lainya.
  3. Menggunakan kata-kata peristilahan yang tentunya menyangkut dengan topik yang dibahas.
  4. Menggunakan kata-kata penghubung yang bersifat argumentatif, seperti sebab, jika karena, dengan akibatnya, oleh karena itu, dan kalimat penghubung argumentatif lainnya.

Itulah beberapa ciri-ciri atau karakteristik dan juga kaidah dari teks persuasif. Setelah mengerti ciri-ciri dan kaidah menulis dari teks persuasif, maka Anda juga harus tahu syarat dari teks persuasif. mengerti ciri dan kaidah menulis saja tak cukup untuk membuat Anda paham dalam membaut teks persuasif, maka dari itu berikut adalah beberapa syarat dari teks persuasif.

Syarat Teks Persuasif

Langsung saja berikut adalah beberapa syarat-syarat untuk menyusun teks persuasif.

Pertama, sudah sangat jelas Anda harus bisa memilih kata-kata yang tepat untuk dapat membuat teks persuasif yang benar. Selain itu, gunakanlah kata-kata yang dapat menarik pembaca.

  • Kelola Emosi Dengan Benar

Pemilah kata yang tepat dan menarik saja tidak cukup, maka dari itu sebagai penulis Anda harus bisa mengolah emosi pembaca. Syarat ini, biasanya berlaku untuk teks persuasif politik atau propaganda. Jika Anda memiliki kemampuan mengolah emosi pembaca dengan baik, maka pembaca akan lebih semangat atau pembaca dapat meredam emosinya saat membaca.

Teks persuasif yang Anda buat tentunya harus memiliki bukti-bukti atau fakta-fakta yang kuat. Maka dari itu, Anda sebagai penulis dari teks persuasif harus dapat mengumpulkan data. Data inilah yang akan dijadikan bukti atau penguat dari gagasan yang Anda tuliskan pada teks persuasif Anda tersebut. Tanpa adanya bukti yang kuat, maka jelas pembaca akan enggan melakukan ajakan yang Anda tuliskan dalam teks persuasif tersebut.

itulah beberapa syarat dari teks persuasif.

Contoh Teks Persuasif

Agar semakin paham mengenai teks persuasif, maka berikut ini adalah contoh teks persuasif. Contoh-contoh di bawah ini adalah contoh teks persuasif dari berbagai tema. Langsung saja berikut contohnya.

Contoh Teks Persuasif Tema Lingkungan

Kembalikan Keindahan Kota Jakarta dengan Mulai Merawat Lingkungan

Kita sudah sangat mengetahui betul bahwa saat ini kondisi lingkungan di Kota Jakarta sangat memprihatinkan. Kita dapat melihat, banyak sekali sungai yang airnya sudah sangat kotor. Hal ini diakibatkan oleh pembuangan limbah yang tidak teratur. Selain limbah, pencemaran udara akibat kendaraan bermotor saat ini juga semakin banyak.

Jika hal tersebut terus dibiarkan maka, jelas akan mengakibatkan gangguan bagi mahluk hidup yang berbada di Jakarta, termasuk kita manusia. keindahan dari kota Jakarta pun akan hilang, dan tentunya akibat limbah dan pencemaran udara maka kita akan semakin sulit menemukan air bersih dan pernapasan kita akan terganggu.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita sebagai mahluk hidup yang tinggal di kota Jakarta berusaha agar dapat melestarikan lingkungan kota Jakarta. Ada banyak cara yang dapat kita tempuh untuk dapat menjaga lingkungan sekitar kita, antara lain adalah dengan membuang sampah atau mengelola limbah dengan baik dan benar, dengan melakukan penghijauan, membuat taman kota, dan hal-hal baik lainya. semua itu kita lakukan agar keindahan kota Jakarta tak hilang begitu saja, dan membuat kita dapat hidup dengan sehat.


Contoh Teks Persuasif Tema Kesehatan

Mari Hidup Sehat

Tahukan Anda bahwa tubuh kita sangat membutuhkan berbagai macam vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, agar kita bisa tetap sehat. Ada banyak sekali makanan yang mengandung berbagai gizi, mulai dari buah, daging, susu, kacang-kacangan, sayuran, dan masih banyak lagi. sebenarnya menerapkan pola hidup sehat itu tidak lah sulit, sebab semua makanan yang bergizi tersebut dapat kita temukan dengan mudah.

Saat kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh kita tercukupi, maka kita pun akan menjadi sehat dan tentunya tidak akan mudah terkana berbagai penyakit. Tapi jika kita enggan makan makanan yang penuh vitamin dan mineral, maka jelas tubuh kita akan mudah terserang berbagai penyakit, dan tentunya proses pertumbuhan tubuh kita akan terhambat.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang mari menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan yang penuh dengan vitamin dan mineral, serta penuh dengan nutrisi lainya. selain makan makanan yang sehat, imbangilah dengan olahraga dengan teratur, dan jangan malas untuk bergerak aktif.


Contoh Teks Persuasif Advertensi atau Iklan

Hidup Sehat Bersama My Milk

Pasti Anda sudah sangat tahu, bahwa susu merupakan minuman yang memiliki berbagai macam fungsi untuk kesehatan tubuh. Ya, ada banyak sekali kalsium dan protein dalam susu yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kalsium, jelas sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kita.

Baiknya dalam sehari kita harus meminum kurang lebih 2 gelas susu. Dengan meminum susu dua gela perhari maka, tentunya tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kuat. Untuk itu jangan pernah melewatkan meminum susu saat pagi dan malam hari.

My Milk adalah susu yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ada berbagai nutrisi yang bermanfaat dari segelas susu My Milk. Dengan rutin meminum susu My Milk, maka tubuh Anda akan sehat dan kuat. Untuk itu, ayo mulai ganti susu Anda dengan susu My Milk.


Contoh Teks Persuasif Tema Pendidikan

Majukan Tingkat Pendidikan Di Indonesia

Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia ternyata masih memilki tingkat pendidikan yang bisa dibilang rendah. Dari data United Nation Development Programme (UNDP), menyatakan bahwa tingkat pendidikan pada masyarakat Indonesia hanya berada di peringkatt 124 dari 187 negara yang telah disurvei. Hal ini bisa dibilang sangat memprihatinkan.

Padahal seperti yang kita tahu, bahwa pendidikan adalah salah satu upaya sarana untuk dapat menghasilkan penduduk yang berkualitas sebagai modal pembangunan. Di abad ke 21 ini, tingkat pendidikan seseorang sangat perperan besar dalam penguasaan dan pemahaman ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju saja tiap tahunya.

Kendala ekonomi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tingginya angka putus sekolah di Indonesia. Oleh karenanya, semestinya sudah menjadi tanggungjawab seluruh lapisan masyarakat bangsa untuk membantu meraka yang membutuhkan agar nantinya mereka tetap dapat melanjutkan pendidikannya.


Contoh Teks Persuasif Tema Budaya

Ngaben, Upacara Kematian yang Unik dari Masyarakat Hindu Di Bali

Indonesia memiliki beragam budaya. Salah satunya adalah budaya dari masyarakat Hindu yang hidup di Bali. Meraka para pemeluk agama Hindu di Bali memiliki salah satu budaya upacara kematian yang cukup unik. Sebab Keunikannyalah yang menjadikan upacara kematian tersebut memiliki daya tarik sendiri bagi wisatawan. Upacara kematian unik ini memiliki nama yaitu upacara ngaben.

Upacara ngaben merupakan upacara kematian yang memiliki ritual pembakaran mayat. Ritual pembakaran mayat ini adalah sebagai simbol atau lambang dari penyucian roh orang yang sudah meninggal tersebut. Tapi upacara ini membutuhkan banyak sekali biaya, sehingga tak semua masyarakat Bali yang beragama Hindu dapat langsung mengadakan upacara ngaben untuk keluarganya yang meninggal.

Biasanya jenazah yang belum diaben akan dikubur terlebih dahulu. Penguburan ini akan dilakukan sampai perlengkapan ngaben sudah siap. Penasaran dengan ritual yang sangat unik dari masyarakat hindu di bali yang satu ini? jika iya, maka tak ada salahnya Anda sesekali pergi mengunjungi pulau Bali. Sebab upacara ngaben hampir selalu dilakukan oleh masyarakat Hindu di Bali.


Contoh Teks Persuasif Tema Politik

Gunakan Hak Pilih Anda dengan Bijak. Jangan Golput!

Tak terasa pemilihan umum (pemilu) akan dilaksanakan kembali. Sebagai warga negara Indonesia, maka kita memiliki hak untuk memilih calon presiden yang menurut kita paling pantas dijadikan pemimpin bangsa. Untuk itu ayo gunakan hak pilih kita untuk memilih calon presiden yang terbaik untuk bangsa dan negara ini. Masa depan negara kita selama 5 tahun kedepan ada ditangan kita. Gunakanlah hak suara kita dengan benar dengan datang ke Tempat Pemilihan Umum (TPU) pada tangga 1 Juni 2020.

Jangan sampai golput dan jangan sampai hak suara kita disalah gunakan oleh oknum yang tak bertanggungjawab. Maka dari itu, marilah kita ajak semua anggota keluarga kita yang sudah memiliki hak memilih untuk datang ke TPU. Selalu ingat jadilah pemilih yang bijak.


Contoh Teks Persuasif Tema Propaganda

Bolehkan Memakan Mi Instan Dicampur dengan Nasi Putih?

Sudah menjadi hal yang lumrah atau biasa menyantap mi instan dicampur dengan nasi putih. Padahal kebiasaan tersebut termasuk kebiasaan buruk, yang seharusnya kita hindari. Sebab kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan berbagai dampak negatif untuk tubuh kita.

Anda perlu tahu, bahwa memakan mi instan yang dibarengi dengan memakan nasi putih akan mengakibatkan obesitas pada tubuh. Hal ini dikarenakan kedua makanan tersebut memiliki zat karbohidrat sederhana. Sehingga mengakibatkan perut akan merasa kenyang sementara, dan pastinya perut Anda akan kembali terasa lapar lagi. itulah yang menyebabkan tubuh obesitas, sebab hal tersebut dapat memicu agar Anda ingin makan terus-menerus.

Jika sudah obesitas, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit di kemudian hari, salah satunya adalah penyakit jantung.

Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus dapat menghindari kebiasaan buruk memakan mi instan dicampur dengan nasi putih. Menghindari kebiasaan buruk tersebut merupakan salah satu cara agar Anda dapat tetap sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit di kemudian hari.


Contoh Teks Persuasif Tentang Bencana Alam

Indonesia termasuk negara yang paling berpotensi mengalami berbagai bencana alam. Pasalnya, Indonesia memiliki sederet gunung berapi.

Selain itu, Indonesia juga diapit oleh 2 samudra besar, yaitu Hindia dan Pasifik. Secara geografis, Indonesia cukup rentan terjadi bencana alam, terutama gunung meletus, gempa bumi, dan tsunami.

Namun ternyata, bencana alam yang terjadi di Indonesia justru lebih dari 3 macam tersebut. Bencana paling sering terjadi yaitu banjir, tanah longsor, serta kebakaran hutan.

Tentu kita semua bisa menilai dengan mudah, bencana ini rasanya bukan karena alam, tapi karena ulah manusia sendiri. Coba kita bandingkan, gunung meletus dan gempa bumi tidak terjadi setiap tahun.

Berbeda dengan banjir, bencana ini akan muncul rutin setiap tahun. Jadi, yang salah alamnya atau manusianya? Rasanya tidak etis jika kita menyalahkan alam, padahal kita juga “numpang” hidup diatasnya.

Banjir yang rutin melanda jelas disebabkan karena kesalahan manusia itu sendiri. Misalnya, membuang sampah di sungai, penebangan liar, hingga pembangunan gedung secara besar-besaran.

Alam hanya bereaksi atas aksi kita sebagai manusia. Melihat hal ini, hendaknya kita harus berubah, mulai sekarang.

Jika kita tidak bisa merubah orang lain, setidaknya kita mulai merubah perilaku kita sendiri. Semua bisa dilakukan dengan hal paling kecil. Misalnya dengan membuang sampah di tempatnya serta menanam 1 pohon di setiap rumah.

Usaha ini juga perlu dukungan dari Pemerintah. Pemerintah bertugas mengawasi aksi-aksi ilegal yang bisa menyebabkan banjir.

Misalnya penebangan pohon liar, atau proyek-proyek pembangunan gedung, baik rumah maupun industri. Semua pihak harus saling bersinergi dalam menangani masalah ini.


Contoh Teks Persuasif Tentang Agama Islam

Islam pada masa kini dianggap sebagai salah satu agama yang penuh dengan tindak kekerasan bahkan sampai dengan tindakan terorisme. Tapi sebenarnya anggapan itu adalah suatu hal yang salah besar. Islam sebenarnya adalah sebuah agama yang di dalamnya terdapat ajaran yang penuh dengan kebaikan dan toleransi.

Hanya terkadang ada beberapa orang yang salah kaprah dalam mengartikan jihad atau perjuangan dalam agama Islam. Padahal sudah jelas di dalam kitab suci agama Islam, bahwa Allah melarang perbuatan membunuh dan menyakiti. Apalagi jika membunuh sesama saudara muslim.

Oleh karena itu sebagai umat muslim, kita harus berhati – hati dan jangan sampai terpengaruh oleh ajakan – ajakan yang dapat menjebak dan menjerumuskan kita, sehingga nantinya dapat merugikan diri kita sendiri.


Contoh Teks Persuasif Tentang Teknologi

Saat ini, perkembangan teknologi di Indonesia sudah semakin canggih dan sudah tidak dapat dibendung lagi. Bahkan saat ini telah mendekati menjadi masalah sosial yang disebabkan oleh adanya teknologi. Teknologi memang menawarkan banyak manfaat positif tapi juga tidak jarang mengandung banyak dampak negatif yang dapat merusak moral anak bangsa.

Salah satu dampak negatif dari teknologi yang saat ini sudah mulai kita rasakan adalah ketidakpedulian kita terhadap sesama manusia karena terlalu asik menggunakan teknologi modern yang biasa disebut dengan ponsel genggam. Generasi muda Indonesia saat ini menjadi generasi yang krisis akan rasa peduli terhadap sesama.

Dampak negatif lain dari adanya kemajuan teknologi adalah banyaknya terjadi kasus penipuan dengan menggunakan media sosial sebagai akibat dari teknologi yang semakin tinggi. Dan yang paling penting adalah bahwa kini korbannya adalah para ibu – ibu rumah tangga. Karena terlalu sering main ponsel genggam, mereka menjadi susah untuk membedakan mana hal yang nyata dan mana yang hanya berita gosip saja. Oleh karena itu, kita seharusnya bijak dalam menggunakan teknologi.

Mari kita jaga generasi muda kita agar menjadi generasi yang bersahaja.


Contoh Teks Persuasif Tentang Narkoba

Menurut data yang diambil dari berbagai sumber, jenis-jenis narkoba yang ada di dunia sudah mencapai 644 jenis, di mana 65 diantaranya sudah masuk ke negara kita.

Sayangnya, dari ke-65 jenis tersebut, bari 43 jenis saja yang tercantum dalam undang-undang. Maka, tidak ada jalan lain bagi kita selain terus menggali informasi tentang jenis-jenis narkoba tersebut, baik yang sudah tercantum di dalam undang-undang maupun belum. Dengan begitu, kita tidak akan menjadi golongan orang-orang yang menyalahgunakan fungsi narkoba atau narkotika.

Selain itu, kita juga mesti mengawal pemerintah agar jenis-jenis narkoba yang belum terdaftar bisa didaftarkan ke dalam undang-undang. Hal itu dilakukan agar para pengedar dan pemakai narkoba jenis baru bisa diproses secara hukum. Melindungi orang-orang sekitar dari ancaman narkoba juga patut dilakukan agar mereka tidak terseret arus narkoba.

Untuk itu, marilah terus mempelajari seputar jenis-jenis narkoba penyalahgunaan, dan dampaknya, agar kita tahu lebih dalam hal tersebut, serta dapat terhindar dari efek buruk obat-obatan tersebut. Selain itu, kita juga mesti mendidik orang-orang di sekitar kita seputar jenis-jenis narkoba dan bahayanya, agar mereka juga dapat terhindar dari efek negatif dari narkoba yang sangat membahayakan diri sendiri dan negara.


Contoh Teks Persuasif Panjang Tentang Bahaya Merokok

Sehatkan Diri tanpa Rokok!

Saat ini rokok telah menjadi gaya hidup masyarakat di seluruh dunia khususnya para kaum adam. Merokok bukan menjadi hal yang tabu atau asing bagi masyarakat, baik tua, muda, laki – laki maupun perempuan bebas merokok. Meskipun mereka semua tahu bahwa merokok adalah hal yang berbahaya akan tetapi mereka seperti buta dan tuli akan hal itu. Seperti kita ketahui, terdapat wacana bahkan gambar yang menunjukan bahaya rokok, akan tetapi mereka tidak peduli dan masih tetap merokok.

Bahkan mereka mengeluarkan statement – statement yang seakan – akan merokok adalah kehidupan mereka, contohnya ‘merokok mati, tidak merokok mati, lebih baik merokok sampai mati.’ Hal ini sangat di sayangkan, karena mereka belum menyesal sebelum mendapatkan akibatnya sendiri. Berikut ini merupakan beberapa bahaya rokok.

Merokok dapat menyebabkan kerontokan rambut. Berdasarkan penelitian, seorang perokok akan memiliki sytem kekebalan tubuh yang rendah karena selalu menyerap bahan – bahan berbahaya yang ada di dalam rokok, sehingg menimbulkan penyakit lupus erithematosus yaitu kerontokan rambut. Kerontokan rambut ini tidak akan mudah di sembuhkan sebagaimana kerontokan rambut bias, kecuali jika si perokok berhenti merokok.

Dampak yang kedua yaitu katarak. Merokok dapat menyebabkan seseorang mendapatkan penyakit mta yaitu katarak. Penyakit katarak yaitu penyakit yang menyebabkan kebutaan dini karena lensa mata yang memutih dan menghalangi pengelihatan. Cara rokok menyebabkan katarak yaitu dengan terlebasnya zat – zat berbahaya dari rokok melalui paru – paru mengiritasi mata perokok. Hal ini akan semakin buruk jika si perokok tidak berhenti merokok.

Dampak selanjutnya yaitu kanker. Semua orang sudah tahu bahwa merokok menyebabkan kanker, terlebih karena hal ini sudah tertera dalam bungkus rokok serta di publikasikan di layar televisi oleh pemerintah. Tidak ada satupun zat yang terkandung dalam rokok berguna bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu kemungkinan tumbuhnya kanker pada perokok 22 kali lebih tinggi di banding orang yang tidak merokok.

Setelah mengkaji bahaya – bahaya rokok di atas, maka sebaiknya para perokok berhenti merokok, karena dampak – dampak tersebut bukan bualan semata akan tetapi sudah mellalui proses penelitian yang panjang. Jadi, berhentilah merokok demi kesehatan bersama.

***

Itulah beberapa contoh dari teks persuasif dari berbagai tema. Setelah memahami mengenai teks persuasi dan tentunya membaca contoh yang sudah ada, maka sekarang Anda sudah siap memulai untuk menulis teks persuasif.


Source link

Download Our App

app-store-badge
play-store-badge
Order Online Now

Browse Our Menu

Our Most Popular Dishes