Perkembangan Generasi ke Genarasi Tipe & Jenisnya

Sejarah Komputer – Teknologi merupakan sebuah hal yang tidak lepas dari sebuah kehidupan. Karena perkembangan sebuah teknologi dapat membantu dalam menyelesaikan semua pekerjaan secara cepat dan mudah. Misal saja sebuah komputer yang telah ada sejak dahulu yang menjadi sebuah kunci membuka peradaban baru di dunia. Tentunya, dibalik itu semua terdapat sebuah sejarah komputer yang begitu berperan hingga sampai saat ini.

Sejarah Ditemukannya Komputer

Sebelum terciptanya sebuah komputer, para ilmuwan mengalami sebuah permasalahan dalam menghitung sebuah data. Oleh sebab itu, mereka berusaha keras untuk menemukan sebuah prekursor komputer yang dapat menciptakan sebuah sejarah komputer di dunia. Kebanyakan dari para ilmuwan tersebut hanya menggunakan alat tersebut dan belum dikembangkan secara meluas. Karena kebiasaan orang-orang dalam mengkalkulasi sesuatu dengan alat tersebut, secara otomatis prekursor terebut menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Prekursor yang ditemukan oleh para ilmuwan tersebut masih menggunakan konsep abacus. Abacus sendiri merupakan alat penghitung yang sudah ada sebelum sempoa, sistem angka, dan alat hitung lainnya ada. Setelah kemunculan abacus tersebut, seorang ilmuwan bernama John Napier mengembangkan sebuah kalkulator analog yang mengusung konsep abacus. Namun yang membedakan adalah beliau menemukan bagaimana cara menghitung 10 digit angka menjadi lebih mudah.

Pada tahun 1623, berdasarkan dari sistem kalkulator analog hasil kembangan dari Napier, seorang polymath dengan kebangsaan Jerman, Wilhelm Schickard membuat sebuah alat hitung menjadi sebuah mesin. Dari sinilah sejarah komputer pertama di dunia tercipta.

Sejarah Komputer Pertama Dunia

Komputer merupakan sebuah teknologi yang sangat berkembang dengan baik dari waktu ke waktu. Semua itu berawal dari sebuah sejarah komputer yang ditemukan oleh Charless Babbage pertama kalinya. Berkat temuannya itu, semua orang dapat berkarya dengan lebih baik sampai sekarang ini.

Mesin pertama yang beliau temukan dengan menggunakan sistem komputer adalah Difference Engine I merupakan mesin yang paling dikenal dalam sebuah sejarah komputer di dunia pada tahun 1945. Pada waktu itu, komputer yang dimaksud bukan komputer yang saat ini dikenal oleh banyak orang, melainkan berupa mesin hitung serta pengolah sebuah data, dan memiliki tempat penyimpanan yang cukup baik.

sejarah komputer dari masa ke masa
sejarah komputer | computerhistory.org

Mesin hitung tersebut dijalankan sepenuhnya menggunakan program dan menjadi sebuah mesin yang bersifat otomatis pertama kalinya. Babbage terus berupaya untuk mengembangkan mesin tersebut dengan menerapkan 4 komponennya, yakni membaca, menyimpan, mencetak, dan mengolah. Komponen-komponen tersebut adalah kesatuan yang hingga saat ini orang gunakan, yakni Central Processing Unit (CPU).

Namun untuk penggunanya sangat terbatas, karena tidak banyak orang yang memahami bagaimana cara kerja atau pengoperasian dari mesin tersebut. Untuk menghargai kerja kerasnya itu, Bapak Komputer tersebut mendirikan sebuah tempat dengan nama The Charless Babbage Foundation.

Pengertian Komputer dan Fungsinya

Komputer adalah sebuah mesin atau alat yang digunakan dalam pengolahan data terhadap sebuah aturan yang telah ditentukan. Komputer juga merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki komponen-komponen lain dan memiliki fungsi untuk mengoperasikan, sehingga dapat digunakan dengan benar. Untuk menjalankan berbagai macam program, tentunya setiap komponen harus terus terhubung dengan komputer.

Komputer sendiri berasal dari dua kata bahasa Yunani, yakni com (penggabungan) dan putare (perhitungan). Sedangkan untuk serapan bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung.

Banyak sekali pakar atau ahli sejarah komputer yang mendefinisikan alat tersebut sesuai dengan fungsinya. Seperti Elias M. Awad menjelaskan bahwa komputer yaitu mesin penghitung yang mampu memproses sebuah data dan disajikan dalam sebuah data juga. Sedangkan William M. Fuori beranggapan kalau komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memproses sebuah data serta mampu menghitung secara cepat.

Robert H. Blissmer mengutarakan bahwa komputer adalah alat yang berfungsi untuk menerima, memproses, menyimpan, serta membuat data. Sehingga pendapat dari Blissmer merupakan pernyataan yang cukup sesuai yang dapat dijadikan acuan dari pengertian komputer hingga saat ini.

Fungsi komputer sangatlah bervariatif menurut para penggunanya. Namun fungsi utama berdasarkan sejarah komputer yang telah ditemukan oleh para ahlinya ada 4 macam. Fungsi dari komputer antara lain, menerima data, memproses data, menyimpan data, kemudian data tersebut akan disajikan.

Data yang masuk dalam sebuah komputer sering disebut dengan input. Proses dalam komputer berfungsi untuk mengolah data-data yang telah masuk (input) dan secara otomatis akan tersimpan dalam ruang penyimpanan. Sedangkan data-data yang dihasilkan dari proses tersebut dan dapat dilihat disebut dengan output.

Perkembangan Generasi Komputer

Sejak pertama kali diciptakan, komputer telah mengalami sebuah perkembangan dari setiap generasinya. Perkembangan tersebut juga dipengaruhi oleh teknologi yang semakin maju di setiap waktunya.

Di balik setiap sejarah komputer yang terjadi dari zaman dahulu hingga sekarang, pastinya memiliki pemicunya. Setiap generasi komputer yang penuh dengan perkembangan ini pastinya memiliki seseorang yang berperan dalam inovasi dari komputer tersebut.

Dari awal ditemukannya komputer hingga sampai sekarang, mesin ini telah memiliki 5 generasi berdasarkan sejarah komputer tiap generasi itu sendiri. Berikut sejarah generasi komputer mulai dari awal hingga saat ini:

Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946. Pada generasi pertama ini, sebagai bahan pembuatan komponen dasarnya harus menggunakan sebuah tabung vakum. Dari berbagai aspek, komponen dasar ini masih jauh dari efisien.

Banyaknya kendala menggunakan tabung vakum yaitu seperti mesin akan cepat sekali panas saat dipakai. Bahkan, komponen itu harus menggunakan listrik yang cukup besar agar dapat beroperasi. Salah satu contoh komputer generasi pertama yakni ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer).

sejarah komputer pertama
sejarah komputer | computerhistory.org

ENIAC adalah sebuah komputer yang diciptakan oleh J. Presper Eckert beserta rekannya John Mauchly di Universitas Pennsylvania. Mereka harus menggunakan tabung vakum yang memiliki ukuran sebesar 1.800 kaki sebanyak 18.000 unit dalam pembuatannya.

Hal ini menjadikan sejarah komputer untuk generasi pertama menjadi sebuah media digital berbasis elektronik dan digunakan untuk melakukan pekerjaan pada umumnya. Meskipun perancangan sudah dilakukan pada 1942, namun pekerjaan dimulai pada tahun 1943 dan selesai di tahun 1946.

Bentuk dari program ENIAC ini ukurannya sangat besar sekali. Sebagai tempat penyimpanan program ini harus memerlukan sebuah ruangan dengan luas 500 m2. Selain itu, komputer generasi pertama ini membutuhkan 18.000 tabung vakum, 10.000 kapasitor, 75.000 saklar, serta 70.000 resistor.

Dalam pengoperasian mesin ENIAC ini harus membutuhkan listrik dengan daya yang sangat besar, yakni 140 KW. Sedangkan bahasa yang digunakan adalah bahasa mesin dan hanya diketahui oleh komputer tersebut.

Eckert dan rekan-rekanya harus mengeluarkan dana yang cukup besar yaitu hampir mencapai 1 juta USD. Akan tetapi, kinerja dari komputer generasi pertama ini sangatlah minim, akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memecahkan sebuah permasalahan.

Para pengguna dari ENIAC ini harus menggunakan punched card sebagai sistem inputnya, sedangkan pita kertas untuk melakukan printing output. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komputer pada generasi pertama ini sangat kurang efisien fungsinya meskipun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal dalam pembuatannya.

Pada tahun 1959 merupakan akhir dari komputer generasi pertama. Di tahun tersebut, mulailah ditemukannya komputer generasi kedua dengan menggunakan teknologi transistor untuk mengganti komponen dasarnya. Para penemu menyatakan kalau dengan berbahan dasar transistor akan dinilai lebih praktis daripada harus menggunakan tabung vakum.

Pada komputer generasi kedua ini, pastinya membutuhkan tenaga yang lebih kecil dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal dalam pembuatannya. Bahasa pemrogramannya juga sudah mulai menggunakan bahasa simbol dan Assembly. Dengan begitu para pengguna cukup memberikan sebuah instruksi hanya dengan kata-kata saja.

Bahkan pada saat itu juga sedang dilakukan pengembangan bahasa pemrograman lain yakni Fortran dan Cbol. Dengan kemampuan seperti itu, menjadikan komputer generasi ini banyak digunakan di kalangan pemerintah maupun universitas-universitas.

Super komputer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi kedua. Komputer jenis ini telah digunakan oleh Business Machine Corporation (IBM) untuk membuat komputer dengan nama LARC. Komputer ini telah dikembangkan dalam sebuah laboratorium untuk mengolah data dalam sebuah penelitian atom.

Penggunaan komputer berbasis transistor ini telah digunakan hingga pada tahun 1965 di sebuah bidang bisnis keuangan serta bisnis-bisnis besar lainnya.

Pada pertengahan tahun 1965 generasi kedua mulai digantikan dengan komputer yang sudah menggunakan Integrated Circuit (ICs). Transistor pada komputer generasi dua sudah mulai dibuat dengan bentuk yang lebih kecil agar bisa dimasukkan ke dalam ICs tersebut beserta kapasitor dan resistor.

Sejarah komputer generasi inilah yang pertama kali menggunakan keyboard dan juga monitor sebagai penampilan outputnya. Masyarakat umum juga bisa menikmati komputer ini dengan harga yang sangat murah pada saat itu.

Tidak sedikit orang yang beralih ke komputer generasi ini dikarenakan pada generasi kedua, komputer akan cepat panas karena efek dari transistornya. Sehingga generasi ketiga inilah yang menjadi sebuah perkembangan yang sangat pesat dalam dunia komputer dibanding generasi sebelumnya.

Generasi keempat adalah generasi di mana komputer ini banyak digunakan hingga sampai saat ini. Pada generasi ini sudah mulai menggunakan microprosessor sebagai komponen dasarnya. Mikroprosessor merupakan sebuah chip yang mempunyai ratusan bahkan ribuan tansistor serta beberapa sirkuit yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

IBM tengah menciptakan sebuah komputer dengan komponen mikroprosessor di pertengahan tahun 1971. Komputer-komputer ini banyak ditujukan untuk kalangan rumahan dan beberapa instansi lainnya. Selain itu, Operating System Macinthos milik Apple juga sudah mulai dipublikasikan pada tahun 1984 dan dapat dijalankan di komputer generasi empat ini.

sejarah komputer
sejarah komputer | computerhistory.org

Salah satu contoh, yakni Intel yang menjadi sebuah perusahaan hingga sampai saat ini berkembang dari waktu ke waktu menggunakan mikroprosessor. Sejarah komputer Intel ini bermula dari terciptanya Inter 4004 yang menjadi induk dari komputer masa kini. Intel telah mampu mengubah sebuah komputer yang berukuran besar menjadi ukuran yang minimalis.

Pada generasi keempat ini banyak sekali yang terjadi dalam dunia perkomputeran. Mulai dari terdapatnya Graphic User Interface (GUI), mouse, bahkan komputer jinjing (laptop) yang tengah marak di masyarakat. Serta beberapa CPU atau prosessor juga telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Untuk komputer generasi kelima ini masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Karena untuk menciptakan komputer pada generasi kelima ini pastinya dibutuhkan beberapa teknologi lebih canggih lagi serta dituntut untuk lebih efisien dibanding generasi keempat.

Dalam generasi kelima ini, para pengembang komputer harus membuat sebuah perangkat yang dapat merespon serta mengerti bahasa manusia Artificial Intelligence (AI). Tidak sampai disitu saja, berharap di masa depan nantinya komputer generasi ini mampu menyesuaikan dengan keadaan lingkungan.

Intel maupun Microsoft tengah menjadi sebagai pelopor dalam pengembangan industri perangkat komputer di generasi ini. Banyaknya bermunculan beberapa produk seperti tablet, notebook, smartphone, dan lain sebagainya telah menjadi bukti dalam generasi ini.

Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan teknologi komputer di generasi kelima ini. Seperti halnya sebuah komputer yang memiliki Large Scale Integration (LSI) yang masih bagian dari microprosessor yang terdapat ribuan mikroprosessor lainnya yang dipadatkan.

Jenis Komputer yang Sudah Ada hingga Sekarang

sejarah komputer dan jenisnya
sejarah komputer | freefeast.info

Banyaknya sejarah komputer yang terjadi dari tahun ke tahun, tentunya memiliki jenis atau bentuk dari tiap generasinya. Beberapa komputer telah mengalami perkembangan karena kemajuan teknologi yang semakin pesat. Berikut adalah jenis-jenis perangkat komputer yang telah ada hingga saat ini.

Komputer jenis ini banyak menggunakan tempat namun sangat efisien dalam menumpuk komponennya. Ruangan dalam komputer tower ini sangatlah luas karena berfungsi sebagai tempat memasang expansion slot. Biasanya perangkat ini lebih banyak diletakkan di bawah ataupun di samping meja karena bentuknya yang cukup besar.

Komputer desktop merupakan jenis komputer yang banyak orang gunakan. Disamping harganya cukup murah, perangkat ini lebih menghemat tempat dan sangat cocok diletakkan di atas meja. Banyak digunakan di kalangan rumahan bahkan dalam sebuah instansi sekalipun.

Notebook merupakan komputer yang ada di generasi saat ini dan banyak orang gunakan. Bentuknya yang sangat kecil dan mudah dibawa kemana-mana membuat komputer ini lebih efisien fungsinya.

Seperti halnya dengan komputer berjenis notebook, namun lebih kecil lagi. Yang membedakan adalah notebook memiliki disk drive, sedangkan subnotebook tidak memilikinya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau Anda dapat menambah disk drive external untuk memudahkan dalam sebuah pekerjaan.

Dalam generasi kelima, komputer genggam merupakan sebuah inovasi paling baru. Bentuk dari perangkat ini sangatlah kecil, seukuran kepalan tangan. Fungsi PIM adalah sebuah fitur yang banyak disediakan dalam komputer ini. Komputer genggam tidak memiliki keyboard seperti komputer pada umumnya, namun cukup menggunakan pena yang telah disediakan untuk menuliskan sesuatu (PDA).

Komputer portable adalah perangkat yang dapat dibawa kemana-mana. Ukuranya lebih kecil dari komputer jenis desktop. Ukuran yang cukup besar menjadikan jenis ini kurang diminati oleh para penggunanya bahkan meskipun terlihat praktis.

Setelah mengetahui perkembangan komputer di atas dapat dipastikan perangkat ini akan membantu dalam sebuah perkembangan dunia yang semakin canggih. Banyaknya bermunculan layar-layar yang dapat membantu pekerjaan agar lebih mudah hingga saat ini.

****

Itulah sejarah komputer mulai dari awal terciptanya hingga saat ini Anda kenal. Banyaknya perkembangan yang terjadi pada komputer-komputer tersebut untuk membantu dalam meringankan pekerjaan seseorang. Tidak hanya itu, setelah melihat perkembangannya tersebut, pastinya di masa mendatang, perangkat pengolahan data tersebut akan menjadi lebih canggih dari sekarang.


Source link

Download Our App

app-store-badge
play-store-badge
Order Online Now

Browse Our Menu

Our Most Popular Dishes