Sejarah Internet dan Tahapan Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

Sejarah Internet – Internet saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan setiap manusia di muka bumi ini. Tanpa internet, hubungan tiap orang dan pekerjaan bisa menjadi terhambat karena ia kini telah menjadi aspek yang penting di dalam setiap lingkup kehidupan. Namun sebagai pengguna internet, tahukah Anda mengenai sejarah internet di dunia dan juga indonesia?

Awal Mula Perkembangan Internet

Internet merupakan jaringan komunikasi yang menyambungkan seluruh masyarakat di dunia, ia juga menghubungkan satu media elektronik, terutama media komunikasi antara yang satu dengan yang lain. untuk menunjang penggunaan internet, maka setiap perangkat yang digunakan untuk mengakses internet dilengkapi dengan IP atau protocol suite.

Fungsi IP juga sederhana, ia menghubungkan rangkaian internet sehingga membuat setiap IP di seluruh dunia bergabung di dalam satu lingkup yang sama dengan melakukan online. Setelah mengetahui pengertian internet, maka sebaiknya juga mengetahui sejarah awal mula berdirinya.

Awalnya internet tidak secanggih yang ada saat ini, sebab sejarah dari internet sendiri cukup panjang dan penuh dengan perkembangan untuk tiap generasinya. Di awal permulaannya, internet digunakan sebagai senjata unggulan oleh tentara Amerika Serikat guna melawan Rusia ketika perang dingin antar dua negara tersebut berlangsung.

Sejarah internet kira-kira dikembangkan sekitar 50 tahun lalu, dan mendapatkan perhatian yang besar dari berbagai tokoh yang ada di dunia sehingga bisa berkembang sampai sejauh ini. Tidak seperti benda lain yang ditemukan oleh satu orang, internet ditemukan oleh banyak ilmuwan yang memang bekerja sama untuk mengembangkan dan membuatnya menjadi lebih bermanfaat.

Awal mula perang dingin yang terjadi antara Amerika dengan Rusia adalah selesainya satelit milik Rusia yang kemudian diorbitkan mengelilingi bumi. Ini sebagai bentuk akhir dari perang dingin yang terjadi antara kedua negara tersebut, bahwa Rusia secara teknologi jauh lebih unggul dibandingkan dengan Amerika. Ini kemudian membuat Amerika kalang kabut dan mencoba untuk mengunggulkan berbagai penemuan serta pengembangan teknologi yang tengah mereka ciptakan.

Perombakan sistem pendidikan Amerika Serikat menjadi awal mula perang dingin selanjutnya dipersiapkan. Amerika kemudian menambahkan berbagai kajian sains ke dalam kurikulumnya, dengan harapan mereka mampu menyaingi Rusia. Mata pelajaran yang ditambahkan antara lain adalah fisika, kimia, serta kalkulus, yang ditambahkan dalam setiap kurikulum jenjang pendidikan di Amerika Serikat.

Inilah yang kemudian menjadi awal terbentuknya NASA sebagai ujung tombak dari berbagai penemuan yang akan dilakukan oleh Amerika Serikat ke depannya. Selain NASA, departemen khusus untuk teknologi kemudian diciptakan sebagai pendukung dan penunjang, yakni ARPA. ARPA memiliki fungsi yang sama untuk membuat berbagai hal berteknologi tinggi guna mengalahkan Rusia.

ARPA-NET Bakal Calon Awal dari Internet

sejarah internet dari arpa net
sejarah internet | theverge.com

Sejarah internet selanjutnya berlanjut ke pembentukan dan pembuatan ARPA-NET, sebagai salah satu proyek unggulan yang akan membuat Rusia porak poranda. Para ilmuwan yang terdapat di ARPA merasa cemas sebab Rusia telah memiliki misil, dan karena ia bisa ditembakkan kapan saja, banyak yang bingung karena misil akan mengenai markas dan membuat bangunan hancur. Perkiraan pengembangan dan penemuan internet adalah sebagai berikut:

Di tahun 1965, seorang ilmuwan merupakan lulusan dari MIT kemudian mengembangkan pengiriman data yang lebih mutakhir. Sehingga ketika terjadi penyerangan, data tersebut kemudian akan terpecah menjadi bagian maupun blog yang berukuran kecil. Data tersebut kemudian akan dikirimkan sendiri sesuai dengan perintah alamat yang digunakan.

Penemuan ARPA-NET disambut dengan baik oleh banyak pihak, terutama untuk pihak pertahanan Amerika karena sistem komunikasi mereka diklaim tidak tembus berbagai keamanan dan jaringan yang dibuat oleh Rusia sebagai musuh.

Pengembangan ARPA-Net kemudian dilakukan secara massal dan terstruktur, sehingga memberikan keuntungan yang besar kepada pihak Amerika. Tahun selanjutnya di 1969, ARPA-net kemudian dikembangkan hingga mampu berkirim pesan antara satu komputer dengan komputer yang lain, namun masih berada di jaringan yang sama.

Inilah yang menjadi cikal bakal sejarah internet yang ada di dunia, terutama dengan sistem node to node communication. Untuk mencoba jaringan tersebut, percobaan pertama kemudian dilakukan dengan mengirimkan pesan dari wilayah UCLAke wilayah yang berada di Stanford.

Pesan yang dikirimkan tersebut menjadi fenomenal hingga sekarang, yakni LOGIN. Karena terjadi kerusakan selama proses pengiriman pesan dilakukan, maka hanya dua kata saja yang berhasil sampai dari UCLA ke Stanfod, yakni kata LO saja. Walaupun begitu, ini tidak membuat banyak dari ilmuwan tersebut putus asa, mereka mengembangkan kembali teknologi yang lebih canggih untuk membuat ARPA-Net semakin lancar digunakan.

Selanjutnya ARPA-Net kemudian berhasil menggabungkan antar empat buah komputer yang disambungkan secara bersamaan. Di akhir tahun 1969, penelitian dan pengembangan tersebut terjadi dan makin pesat dalam kurun waktu dua tahun selanjutnya.

Setelah berhasil, pihak dari ARPA-Net kemudian memasangkannya di Universty of Hawaii dengan nama ALOHA-Net, yang kemudian disambungkan kembali dengan tiga pasang jaringan lain, yakni yang terdapat di London’s University College, serta di Norwegia dengan kampus Royal Radae Establishment.

Di tahun selanjutnya, yakni di tahun 1970, Vinton Chef, salah satu ilmuwan di ARPA kemudian menyambungkan beberapa mini network yang ada di dunia, dan berhasil menghubungkannya satu sama lain agar dapat berkomunikasi dengan lebih mudah dan jelas. Inilah awal mula sejarah TCP atau IT dalam sejarah internet yang ada di dunia.

Internet dan Domain World Wide Web

Setelah pengembangan yang dilakukan oleh Vinton pada tahun 1970 tersebut, protokol yang dimiliki oleh perangkat yang bisa terhubung dengan internet, bisa membuat semua orang mampu saling berkomunikasi lintas benua dan negara. Antara tahun 1980 sampai dengan 1990, internet mengalami perkembangan yang cukup cepat.

Di tahun tersebut pula, semua ilmuwan yang ada di bumi berkomunikasi dan mengirimkan data satu sama lain dengan menggunakan jaringan internet yang telah dibuat ARPA sebelumnya.

sejarah internet dan world wide web
sejarah internet | techspot.com

Di awal tahun 1991, muncul perkembangan baru lagi dari internet, yakni penggunaan world wide web atau lebih sering dikenal sebagai WWW. Penciptanya adalah Berners-Lee yang merupakan seorang pengembang program, yang berasal dari kota Swiss, di Italia. Konsep yang dikenalkan tersebut kemudian membuat internet tidak hanya sebagai tempat untuk berbagai semata.

Dengan bantuan dan pengembangan alamat domain dari Lee, akhirnya internet menjadi sebuah jaringan yang digunakan di seluruh dunia, dimana tiap pengguna tidak hanya bisa berkomunikasi dengan lebih singkat, namun juga mengakses berbagai informasi penting sehingga memudahkan pertukaran data dan informasi antar manusia.

Berkat penemuan tersebut pula, sejarah internet untuk pengembangan www atau domain kemudian tercetak di dalam sejarah. Berkat penemuan tersebut, kemudian dikembangkan kembali berbagai penemuan lain yang membuat internet semakin mudah untuk digunakan oleh pengguna.

Mosaic, Template dan Tambahan Fitur Baru Internet

Satu tahun setelahnya, beberapa mahasiswa yang tergabung dalam University of Illinois menjadi salah satu pengembang yang membuat tampilan di internet semakin user friendly, tampian tersebut disebut sebagai Mosaic yang merupakan pendahulu dari Netscape. Keuntungan dari penggunaan Mosaic ini membuat tampilan internet menjadi makin ramah dengan pengguna.

Terdapat beberapa keunggulan dari adanya Mosaic yang dikembangkan di internet oleh mahasiswa kampus tersebut, diantaranya adalah:

  1. Memberikan desain dan tema tampilan yang semakin sederhana di internet, sehingga pengguna paling awam pun tetap bisa melakukanya.
  2. Memiliki kemampuan tambahan untuk menyajikan gambar dan tulisan, karena pengembangan internet sebelumnya berfokus hanya pada tulisan.
  3. Menjadi penemuan yang baru, yang kemudian membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mengembangkan internet menjadi sesuatu yang kian menarik.

Kongres di Amerika Serikat kemudian dilakukan, yang kemudian menjadi asal mula web, nama lain dari Mosaic dikembangkan untuk tujuan komersil. Sejarah internet dan aspeknya tercetak kembali, yang setelah diberikan nama web pada situs Mosaic tambahan tersebut, pembentukan website oleh berbagai perusahaan pun kian marak untuk dilakukan.

Sejarah Internet Masuk ke Indonesia

Internet masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an, dan saat itu hanya bisa dinikmati oleh sedikit saja orang yang ada di negeri ini. Ia merupakan barang impor, sehingga harus di dapatkan dengan harga yang mahal. Kaum elit negeri dengan perekonomian yang baik memanfaatkan internet untuk diri mereka sendiri.

Basis internet saat itu masih benar-benar terbatas, sehingga cukup sulit untuk diakses. Sedangkan secara akademis, perkembangan internet yang ada di Indonesia bisa Anda lihat dalam poin-poin penjelasan berikut ini.

Di tahun 1983, seorang peneliti dari luar negeri mengembangkan internet pertama kali di Indonesia, dengan tujuan yang sama dengan peneliti ARPA-NET, yakni sebagai alat tukar informasi antar pengguna agar lebih mudah untuk dilakukan. jaringan internet tersebut dinamakan dengan UIN-Net.

Sejarah internet tidak hanya berhenti sampai disana, sebab di tahun selanjutnya, Luhukay, pihak yang menciptakan UIN-Net di Indonesia berhasil menghubungkan jaringan tersebut ke luar negeri dan menyambungkannya untuk kepentingan akademisi. Dengan begitu, jaringan internet lokal yang ada di Indonesia berhasil diakses dengan mudah oleh peneliti yang ada di Indonesia.

Tokoh lain yang berpengaruh dalam perkembangan internet di Indonesia adalah Onno W. Purbo. Ia merupakan kalangan luar akademisi yang mengembankan internet untuk kebutuhan yang lain. Ia akhirnya berhasil membangun ISP sebagai bentuk jaringan komunikasi yang keluar dari Telkom Indonesia.

Ia kemudian mengembangkan artikel yang membahas mengenai pembuatan jaringan internet di Indonesia seperti di luar negeri. Satu tahun setelahnya di tahun 1994, ia menjadi pelopor berdirinya ISP yang ada di Indonesia, yakni ISP PT Indonet. Setelah ISP PT Indonet dibangun, kemunculan ISP lain pun mulai berkembang di Indonesia.

Di tahun 1996, adanya warung internet pun mulai terlihat di masyarakat, sehingga perkembangan internet makin merata di Indonesia. Banyak kalangan menengah yang akhirnya mampu untuk mencicipi dan menggunakan internet sebagai sarana untuk mengakses berbagai informasi yang ada di dunia.

Bahkan internet memberikan pengaruh yang besar atas turunnya rezim orde baru yang sebelumnya bercokol di Indonesia. Menurut sejarah internet, peristiwa tersebut dinamakan sebagai zapatista’s net movement yang mengatakan bahwa turunnya rezim tersebut juga dipengaruhi dengan berita yang dikendalikan melalui internet.

Selepas hal tersebut, pemerintahan dengan orde yang baru dimulai dan perkembangan internet di Indonesia semakin tidak bisa dibendung lagi. Setiap tahun, pengguna internet meningkat diikuti dengan perkembangan teknologi dan alat yang digunakan untuk mengaksesnya. Lebih dari 130 juta orang di Indonesia telah berhasil mengakses internet, dengan separuhnya menikmati jaringan baik dan stabil.

Namun di Indonesia sendiri tidak semuanya dapat menggunakan dan mengakses internet dengan mudah, terutama dengan adanya wilayah yang belum bisa diakses oleh jaringan internet itu sendiri. pemerintah Indonesia juga sedang membuat dan mengusahakan agar beberapa wilayah memiliki akses internet sama baiknya dengan kota-kota besar di Indonesia.

Perkembangan Internet di Dunia Saat Ini

sejarah internet
sejarah internet | paessler.com

Tahun 2000 menjadi momentum untuk perkembangan dan sejarah baru untuk internet. Di tahun tersebut, internet telah berkembang sedemikian rupa sehingga memberikan hiburan yang menarik untuk penggunanya. Facebook yang menjadi media sosial yang cukup fenomenal muncul di tahun 2003, secara perlahan memberikan warna baru pada internet.

Di tahun yang sama, media sosial bermunculan dan menjadi salah satu hal ikonik dalam sejarah internet dan perkembangannya. Penggunaan media sosial yang kian meningkat setiap tahun membuat Apple, salah satu perusahaan top tier dalam pengembangan teknologi kemudian membuat ponsel pintar untuk pertama kalinya guna mengakses internet. Apple kemudian meluncurkan iPhone di tahun 2007 sebagai ponsel pintar pertama yang beredar di pasaran.

Berikut merupakan beberapa perkembangan internet di dunia, sejak tahun 2000-an hingga saat ini, diantaranya adalah:

Ulang Tahun Internet

Di tahun 2009, ternyata internet telah berumur 40 tahun dan menjadi hari jadinya. Banyak vendor teknologi yang memanfaatkan momen tersebut untuk membuat perangkat baru dengan teknologi terkini untuk pengguna internet.

Di tahun berikutnya, perkembangan dan pembuatan teknologi ponsel pintar pun meluncurkan berbagai platform lain yang aktif digunakan oleh masyarakat untuk mengembangkan diri dan mencari hiburan tambahan. Selain Facebook, situs yang mulai terkenal saat itu adalah Pinterest dan juga Instagram.

Perkembangan Internet di Timur Tengah

Beberapa wilayah masih menutup diri dengan perkembangan dan penggunaan internet, salah satunya adalah wilayah Timur Tengah. Wilayah tersebut kemudian mulai membuka diri dan mencoba berkenalan dengan berbagai fitur yang ada di internet.

Sejarah internet pun tercetak kembali dengan penggunaan media sosial dan akses internet yang tinggi pada tahun 2011 di Arab Saudi, Irak, Iran, dan juga Bahrai. Media sosial yang paling banyak digunakan saat itu adalah Twitter dan Facebook. Beberapa tahun setelahnya kemudian berkembang mengenai kebijakan baru terkait hak cipta dan aturan online yang ada di internet.

Pembuatan Asisten Pribadi

Sebagai pengembang dan developer terkemuka, Google menciptakan asisten untuk para penggunanya. Program asisten tersebut dapat diaktifan hanya melalui suara yang dikeluarkan oleh pengguna. Teknologi terbaru ini muncul di tahun 2016, dan kian membaik dari tahun ke tahun.

Hal ini merupakan pertanda bahwa penggunaan ponsel maupun komputer pintar bisa langsung di integrasikan dengan jaringan yang ada di dalam internet. Hal tersebut kemudian diikuti oleh berbagi brand lain, seperti Apple, Amazon, dan juga Microsoft dalam pengembangan program asisten pribadi.

***

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai sejarah internet yang terjadi di dunia dan Indonesia, berikut dengan perkembangan singkat yang terbagi dalam rentang tahun. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk menambah pengetahuan terkait perkembangan internet dan sejarahnya.


Source link

Download Our App

app-store-badge
play-store-badge
Order Online Now

Browse Our Menu

Our Most Popular Dishes